Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak
Gambar: istockphoto.com

Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak — Mouse merupakan salah satu komponen pendukung pada PC atau Laptop yang berfungsi untuk memudah pengguna dalam mengarahkan kursor. Namun, mouse sering dianggap sebagai salah satu hardware yang sering mengalami permasalahan.

Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah ketika mouse nyala tapi kursor tidak bergerak sama sekali. Hal ini sering membuat para pengguna PC atau Laptop merasa kebingungan.

Masalah mouse yang nyala tapi kursor tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi di sebabkan dari komponen didalamnya yang bermasalah. berikut portalekonomi.com akan membahas cara mengatasi mouse myala tapi kursor tidak bergerak

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi. Kerusakan pada mouse seperti ini akan sangat mengganggu aktivitas pengguna. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, mouse berperan penting untuk menggerakkan kursor pada PC dan Laptop, untuk memberikan perintah tertentu.

Baca Juga: Cara Print Screent di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara memperbaiki mouse wireless yang tidak bisa bergerak

Mouse USB 

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!3
Gambar: istockphoto.com

Mouse USB adalah Mouse yang dapat terhubung ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel.

Mouse Wireless

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!
Gambar: istockphoto.com

Mouse wireless adalah pengembangan dari Mouse USB di mana kabel dihilangkan dan diganti dengan koneksi Bluetooth. Karena jenisnya yang berbeda, penanganan dalam kerusakannya pun berbeda sesuai jenis Mouse masing-masing dan penyebabnya.

Kerusakan pada mouse terkadang masih bisa diperbaiki namun terkadang ada juga yang tidak bisa diperbaiki. Namun masalah mouse yang nyala tapi kursor tidak berfungsi memang sulit untuk di analisa dari mana akar penyebabnya.

Anda harus mengidentifikasi berbagai macam hal seperti fungsi optik kabel USB, port USB atau pada Software Driver Mouse itu sendiri. Seperti halnya penjelasan pada berikut ini:

Baca Juga:  Jenis File Dan Ekstensi Pada Laptop Dan Komputer

Baca Juga: Lakukan 10 Cara Ini Untuk Memperbaiki Keyboard Yang Rusak

Penyebab Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!3
Gambar: istockphoto.com

1. Komponen Optik Rusak

Penyebab yang selanjutnya adalah komponen optik yang sudah rusak. Saat ini kebanyakan mouse sudah memakai optik infra merah sebagai sensor pergerakan.

Objek ini akan mengirimkan data gerak kepada PC untuk diolah sebagai perintah pada kursor. Jadi apabila ada kerusakan pada objek maka yang terjadi adalah mouse nyala tetapi kursor tidak berfungsi sama sekali.

2. Port USB beda Tipe

Penyebab yang pertama Mouse nyala tapi kursor tidak bergerak adalah bisa jadi di sebabkan pada port USB yang berbeda tipe, port USB sendiri hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pengembangan.

Maka dari itu kini telah mengenal port USB 2.1, USB 3.0, USB 3.1, dan USB 3.2. Mayoritas mouse USB masih banyak yang menggunakan tipe 2.0 sedangkan pada saat ini sudah sampai hingga tipe 3.2. Hal inilah yang terkadang menyebabkan fungsi mouse nyala tapi kursor tidak bisa berfungsi.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Gaming Dell Alienware M-Series

3. Koneksi Bluetooth Belum Tersambung

Penyebab yang terakhir ini cuma bisa terjadi pada mouse yang wireless atau Mouse yang tidak menggunakani kabel.

Kebanyakan mouse wireless memakai koneksi Bluetooth untuk transfer data perintah kursor sehingga apabila koneksi Bluetooth antara Mouse dan PC belum tersambung, maka yang terjadi adalah Mouse nyala tapi kursor tidak berfungsi.

Masalah ini sebenarnya jarang terjadi, tapi terkadang pengguna yang lupa bisa mengalaminya.

LANJUT MEMBACA ARTIKEL DIBAWAH INI

4. Kabel Mouse Ada Yang Putus

Penyebab yang kedua ada pada kabel mouse. Kabel mouse terdiri dari 4 bagian. dua kabel adalah kabel untuk power termasuk untuk menyalakan infra merah, optik, dan lampu untuk berkedip.

Kemudian dua kabel lagi berfungsi untuk transfer data yang memberikan perintah untuk PC atau laptop. Apabila mouse nyala namun kursor tidak bergerak sama sekali, bisa jadi ada masalah dengan kabel yang berfungsi sebagai transfer data.

5. Port USB Mengalami Gangguan

Penyebab mouse nyala tapi kursor tidak bergerak berikutnya ada pada port USB. Terkadang port USB pada PC atau Laptop yang jadi tempat dimana kabel atau receiver bluetooth menancap, sudah mengalami kerusakan atau mengalami gangguan. Ini merupakan faktor eksternal, yang bisa membuat mouse jadi tidak bisa berfungsi dengan normal.

Baca Juga:  Cara Supaya File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Komputer Lain

Baca Juga: Laptop Gaming Dell Alienware dan Seri G Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 16,5 Jutaan

Solusi Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak!5
Gambar: istockphoto.com

Setiap permasalahan pada Hardware seperti halnya Mouse, pasti bisa di selesaikan apabila penyebabnya sudah diketahui.

Beberapa penjelasan tentang penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa anda jadikan acuan. Sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara untuk mengatasi mouse yaang nyala tapi kursor tidak berfungsi.

Berikut adalah cara untuk mengatasi mouse yang nyala tapi kursor tidak berfungsi:

1. Cabut Lalu Colokan Lagi

Caranya ketiga ini bisa jadi terasa sedikit aneh saat pertama kali Anda membacanya. namun cara ini tidak boleh dianggap remeh.

terkadang posisi USB ke port yang tidak sesuai dapat menyebabkan mouse nyala tetapi kursor tidak berfungsi karena ke-4 kabel belum terhubung dengan pas.

Anda dapat mencobanya untuk mencabut kabel USB Mouse lalu mencolokan nya kembali seperti biasanya jika posisi ke-4 kabel antara USB dan port sudah pas maka Mouse akan berfungsi dengan normal untuk menggerakkan kursor.

Baca Juga: Aplikasi Night Vision Terbaik  Gratis di iPhone dan Android

2. Memakai Converter USB Tambahan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Mouse nyala tetapi kursor tidak berfungsi adalah dengan memakai converter USB tambahan.

Di pasaran sudah banyak yang menjual USB extension dengan berbagai macam tipe mulai dari 2.0 hingga 3.2 yang bisa anda beli Anda tinggal cari converter USB yang sesuai dengan tipe USB Mouse milik anda misalnya USB Mouse tipe 2.0 sedangkan PC 3.0 Anda bisa beli converter USB 2.0 ke 3.0.

3. Pastikan Koneksi Bluetooth Tersambung

Cara yang selanjutnya ini hanya khusus untuk anda yang menggunakan mouse wireless yang tergantung pada koneksi Bluetooth.

Bisa jadi kursor mouse yang tidak bergerak tadi disebabkan oleh koneksi Bluetooth yang belum tersambung,  oleh sebab itu anda dapat menghubungkan koneksi Bluetooth nya melalui menu pengaturan pada Windows. buka menu Setting>Bluetooth>file new device>pair new device.

Baca Juga: Ini Dia Yang Bikin Laptop Jadi Hang, Dan Cara Memperbaikinya

4. Update Driver Mouse

Cara kedua adalah dengan update driver Mouse. Terkadang masalah software pada komputer sangat berpengaruh terhadap fungsi Hardware.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jejak Copy Paste File di Ms. Word

Seperti halnya driver yang sudah lama maka dapat membuat mouse nyala akan tapi kursor tidak berfungsi.

Driver sendiri adalah sebuah perangkat lunak pada sistem operasi yang berfungsi untuk mengontrol seluruh akses pada perintah data perintah untuk menjalankan sebuah fungsi pada hardware atau sebaliknya.

5. Pindah Port USB

Cara yang selanjutnya untuk mengatasi Mouse nyala akan tetapi kursor tidak bergerak adalah pindah port USB.

Terkadang tanpa kita ketahui port USB yang ada pada PC atau Laptop sudah mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan untuk menerima data apapun.

Biasanya pada PC atau Laptop sudah dibekali dengan port USB yang memang berguna untuk cadangan ketika salah satu diantaranya mengalami kerusakan.

Baca Juga: 10 Game Terbaik di Android. Paling Seru!

6. Beli Mouse Yang Baru

Metode terakhir ini ialah yang sangat jitu. Bila bermacam metode telah lakukan serta tidak menghasilkan hasil, berarti sudah waktunya mouse lama kamu pensiun buat digantikan yang baru.

Membeli mouse baru merupakan tahap yang pas kala permasalahan pada mouse tidak dapat dituntaskan. Harga mouse yang lumayan terjangkau tidak membuat kamu merasa terbebani.

Seperti itu sebagian metode yang dapat kamu jalani buat menanggulangi permasalahan pada mouse yangnyala tetapi kursor tidak beroperasi sama sekali.

Sesungguhnya pemicu kerusakan pada mouse pula beraneka ragam tergantung dari tipe Mouse itu sendiri.

Sebagian permasalahan semacam ini dapat ditangani bila sumber kerusakan bukan pada bagian utamanya. Kamu dapat berupaya metode diatas buat menanganinya.

Baca juga info menarik seputar PC dan Laptop yang lain